Sunday, June 9, 2013

Tetap Sehat Walau Merokok

Memang tidak mudah menghilangkan atau menghentikan kebiasaan merokok. Namun, yang lebih susah adalah bagaimana tetap sehat dalam kondisi terpaksa harus merokok. Oleh karena itu alangkah sebaiknya apabila kegiatan merokok sebaiknya segera dihentikan. Apabila tidak dapat di hentikan secara cepat, ada beberapa solusi untuk perokok agar tetap sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk perokok :
Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 dapat berfungsi mempebaiki fungsi paru-paru. Hal ini terbukti dengan adanya penurunan serum, tingkat lender dalam paru-paru serta perbaikan pada penderita gejala paru-paru kronis. Makanan yang banyak mengandung omega 3 antara lain kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau), makanan laut (ikan salem, ikan teri, ikan kerapu,udang, kepiting, kerang) dan sayuran hijau.


Perbanyak mengkonsumsi produk yang terbuat dari kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dari kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi resiko sesak nafas. Peneliti dari jepang menemukan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai dapat berfungsi sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

Mungkin sulit bagi seorang perokok untuk meninggalkan rokok selama 12 jam. Namun dalam selang waktu 12 jam tersebut ternyata tubuh baru memulai memperbaiki sistemnya. Kandungan Karbon Monoksida dan nikotin akan menghilang secara perlahan dan akan menghilang sama sekali dalam 2-3 hari apabila dalam jangka waktu tersebut anda tidak merokok sama sekali. Pada awalnya akan timbul rasa gelisah, emosi tidak menentu dan rasa lapar, itulah gejala dimana tubuh sedang membersihkan nikotin. Apabila anda bertahan untuk tidak merokok sampai 2 atau 3 minggu maka tubuh akan membersihkan paru-paru dan dalam jangka waktu 1-9 bulan kondisi tubuh akan kembali normal.

Mengkonsumsi banyak antioksidan akan membantu anda dalam membersihkan paru-paru. Antioksidan dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran, contohnya apel, brokoli, wortel,buah bit dan lain sebagainya. Dalam sebuah penelitian orang yang mengkonsumsi buah apel 5 buah dalam seminggu paru-parunya berfungsi lebih baik disbanding yang tidak sama sekali.
Setelah dianalisis air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin sebesar 70,65. Dan jeruk nipis ini merupakan alat bantu untuk berhenti merokok.

Banyak sekali manfaat dari air putih yang tertulis dalam buku The Miracle of Water. Salah satunya fungsi air putih yaitu mengeluarkan racundan nikotin yang terakumulasi dalam tubuh selama merokok.
Jangan merokok sambil minum kopi. Meski dipercaya dapat menambah kenikmatan, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar karbon dioksida dalam paru-paru. Sebagai ganti, pilih minuman yang dapat menetralisasi racun yang dibawa oleh rokok, seperti jus buah segar atau susu.


Ganti rokok dengan makanan ringan sebagai cuci mulut.

Ganti kebiasaan merokok saat buang hajat dengan membaca buku, komik, koran, atau tabloid. Kegiatan membaca jauh lebih bermanfaat untuk menambah ilmu maupun sekadar sebagai rileksasi.

Cobalah berpikir sesaat sebelum menyalakan rokok, tentang bagaimana hidup ini terasa lebih indah tanpa rokok.


Kalau hingga kini Anda terpaksa harus merokok, cobalah untuk memikirkan kehidupan yang sebenarnya jauh lebih baik tanpa rokok. Alasan yang selalu dikemukakan adalah rokok dapat mengurangi kecemasan, meningkatnya konsentrasi, memberi rasa lebih tenang dan lebih rileks. Kenyataannya, efek positif itu hanya terasa sesaat dan selanjutnya timbul ketergantungan yang akan berdampak luas. Cobalah mencari alternatif, seperti mendengarkan musik lewat earphone atau mengunyah permen karet.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Stay Connectd

Feautured Video

Grab This Gadget »

S Pink Premium Pointer