untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan
Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang
bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon
(termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan
tugas-nya sebagai khalifah di bumi.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca
QS Al Baqarah : 30, Al - Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An Nahl :
78
1.2 Menyebutkan
arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78.
1.3 Menampilkan perilaku
sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30,
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu membaca Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik
dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan
An-Nahl: 78
Mampu mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
Mampu mengartikan ayat Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78
Mampu menjelaskan kandungan QS
Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
Mampu mengidentifikasi perilaku
khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An
Nahl;78
Mampu mempraktikkan perilaku
khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56,
dan An Nahl;78
Mampu menunjukkan perilaku
sebagai khalifah dalam kehidupan.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. Al-Baqarah;
30
Q.S. Al-Mukminun;
12-14
Q.S. Az-Zariyat;
56
Q.S. An Nahl: 78
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya
jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Membaca dengan
fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
Mengidentifikasi
tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan
An-Nahl: 78
Mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mengartikan ayat
Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mendiskusikan
arti dan kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30,
Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mengidentifikasi
perilaku Khalifah di bumi yang terdapat dalam
Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Mempraktikkan
perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14,
Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
Menunjukkan
perilaku khalifah dalam kehidupan.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa mengamati Membaca dengan
fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
Siswa mengamati tajwid Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl:
78
|
Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An
Nahl: 78
Mendiskusikan arti dan
kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
Siswa membiasakan perilaku
Khalifah yang terdapat dalam Q.S.
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
Mempraktikkan perilaku sebagai
khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56,
dan An Nahl;78
Menunjukkan perilaku khalifah
dalam kehidupan.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
-
Guru-Siswa memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan
kitab suci Al Qurán
-
Secara bersama
membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-
Guru menjelaskan secara singkat
materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
-
Untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78,
-
guru mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-
Pernahkah kalian
mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
-
Pernahkah kalian membaca
surat tersebut diatas ?
-
Siapakah diantara
kalian yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 ?
-
Guru menunjuk seorang
siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78, untuk memimpin teman-temannya
membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-
Setelah para siswa
selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca
surat Q.S Al-Baqarah; 30
-
Setelah para siswa
selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca
surat Q.S. Al-Mukminun:
12-14
-
Setelah para siswa selesai
membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat Q.S.
Az-Zariyat : 56
-
Setelah para siswa selesai
membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat An-Nahl: 78.
-
Guru meminta beberapa
siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan berpedoman kepada Al Qur’an
dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan
tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat :
56, dan An-Nahl: 78 kepada siswa.
-
Setelah
mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 berikut artinya dengan benar.
-
Setelah selesai
menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan
An-Nahl: 78 berikut artinya, guru
menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:
Bacaan
|
Hukum Bacaan
|
Cara Membacanya
|
Nun
mati( نْ ) bertemu dengan huruf “ta”
( ت )
|
Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa
”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ
" " dibaca dengan dengung
|
Nun
mati( نْ ) bertemu dengan huruf “nun” ( ن )
|
Hukum bacaanya adalah “Idgham
bighunnah”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ
" " dibaca dengan dengung
|
Nun mati( نْ ) bertemu dengan huruf “ ‘ain” ( ع
)
|
Hukum bacaanya adalah “ Izhar
”
|
Nun
mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ
" " dibaca dengan jelas
|
-
Guru menjelaskan kepada siswa
akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-
Guru menugaskan
kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia
sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 secara berkelompok.
-
Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi
tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan
An-Nahl: 78 secara berkelompok.
-
Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi
kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia dan
penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat,
serta tugas jin dan manusia melainkan supaya mereka
mengabdi kepada Alloh SWT.
Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena
memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar
para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 sebagai penutup materi pembelajaran.
-
Guru meminta agar
para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30,
Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-
Guru menutup /
mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan
terjemahan Departemen Agama
RI
Buku pelajaran
PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah
Swt tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya
|
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
|
2.
|
لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Agar kamu menjadi
orang-orang yang bersukur
|
3.
|
Hukum bacaan “nun mati”
bertemu dengan “nun” adalah…….
|
Idgham
Bighunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Usman
|
|||||
2.
2
|
Said
|
|||||
3.
3
|
Sutejo Ade
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca
lancar dan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar
kurang baik =
70 – 79 = B
3.
= Membaca
Terbata-bata =
60 – 69 = C
4.
= Membaca
Terbata-bata dengan bantuan guru = 50
– 59 = D
5.
= Tidak dapat
membaca = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah ditugaskan sebagai Kholifah.
|
||||
2.
|
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.
|
||||
3.
|
Sebagai bentuk rasa
syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ "“ setiap kali kita
memperoleh nikmat serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.
|
||||
dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
-
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan
portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan
guru dan pegawai lainnya; dan
- laporan dari orangtua murid atau siswa.
LEMBAR TUGAS
Salinlah Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:12-14,
Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan baik dan benar, kemudian artikan
dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham,
dan izhar.
0 comments:
Post a Comment