Salah
satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP)
dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran.
Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan
satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan
silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata
pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan
yang bersangkutan.
berikut ini adalah contoh Skkd mapel PAI SMA
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
berikut ini adalah contoh Skkd mapel PAI SMA
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
|
1.1 Membaca
QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2 Menyebutkan
arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3 Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30,
Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
|
2. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1
Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.2
Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.3
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al
An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam
Asmaul Husna
|
3.1
Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.2
Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.3
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
4.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan
sesama manusia.
4.3
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
5.1
Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam
5.2
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
|
6.1
Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
6.2
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
7.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
|
7.1
Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran
159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Aqidah
8.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
8.1
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.
8.2
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu,
dan atau menerima tamu.
9.2
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu
atau menerima tamu.
9.3
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
|
10. Menghindari
Perilaku Tercela
|
10.1 Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh
perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.3 Menghindari hasad,
riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
11. Memahami hukum Islam tentang
zakat, haji dan wakaf.
|
11.1 Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
11.3 Menerapkan ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
12.1 Menceritakan sejarah
dakwah Rasullah SAW periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi
dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
||
1. Memahami ayat-ayat
Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1
|
Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS.
al Fatir : 32
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Baqarah :
148 dan QS. al Fatir : 32
|
|
1.3
|
Menampilkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir
: 32
|
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
|
2.1
|
Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS.
al Baqarah : 177
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27
dan QS. al Baqarah : 177
|
|
2.3
|
Menampilkan perilaku menyantuni kaum
Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
Aqidah
|
||
3. Meningkatkan
keimanan kepada Rasul rasul Allah
|
3.1
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman
kepada Rasulrasul Allah
|
3.2
|
Menunjukkan contoh-contoh perilaku
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
|
3.3
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
||
4. Membiasakan
berperilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
|
4.2
|
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja’
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’
dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Fiqih
|
|||
5. Memahami hukum
Islam tentang Mu’amalah
|
5.1
|
Menjelaskan azas-azas transaksi
ekonomi dalam Islam
|
|
5.2
|
Memberikan contoh transaksi ekonomi
dalam Islam
|
||
5.3
|
Menerapkan transaksi ekonomi Islam
dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
|||
6. Memahami
perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada
abad pertengahan
|
|
6.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa
perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
||
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
||
7. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42,
QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
7.3
|
Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
|
Aqidah
|
||
8. Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
8.1
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah
|
|
Akhlak
|
||
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku menghargai
karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
10. Menghindari perilaku
tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan contoh perbuatan dosa
besar
|
|
10.3
|
Menghindari perbuatan dosa besar
dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Fiqih
|
|||
11. Memahami ketentuan hukum
Islam tentang pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah
|
|
11.2
|
Memperagakan tatacara pengurusan
jenazah
|
||
12. Memahami khutbah, tabligh
dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan pengertian khutbah,
tabligh dan dakwah
|
|
12.2
|
Menjelaskan tatacara khutbah,
tabligh dan dakwah
|
||
12.3
|
Memperagakan khutbah, tabliqh dan
dakwah
|
||
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
|||
13. Memahami perkembangan
Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern
|
|
13.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern
|
||
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
||
1. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
|
1.1
|
Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS.
Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
1.3
|
Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi
: 29
|
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
|
2.1
|
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan
QS. Al Jumuah : 9-10
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
2.3
|
Membiasakan perilaku beretos kerja
seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
Aqidah
|
||
3. Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
3.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Hari Akhir
|
|
3.3
|
Membiasakan perilaku menghargai
karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
||
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian adil, ridha
dan amal shaleh
|
4.2
|
Menampilkan contoh perilaku adil,
ridha dan amal shaleh
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku adil, ridha dan
amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Fiqih
|
||
5. Memahami Hukum
Islam tentang Hukum Keluarga
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum
perkawinan dalam Islam
|
5.2
|
Menjelaskan hikmah perkawinan
|
|
5.3
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
||
6. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
Indonesia
|
6.2
|
Menampilkan contoh perkembangan
Islam di Indonesia
|
|
6.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di Indonesia
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
||
7. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
7.1
|
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan
QS. al Baqarah : 164
|
|
7.3
|
Melakukan pengembangan IPTEK seperti
terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
|
Aqidah
|
||
8. Meningkatkan
keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
|
8.1
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada Qadha’ dan Qadar
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Qadha’ dan Qadhar
|
|
Akhlaq
|
||
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud
persatuan dan kerukunan
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku
persatuan dan kerukunan
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan
|
|
10. Menghindari perilaku
tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
10.2
|
Menjelaskan contoh perilaku Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
|
10.3
|
Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir,
Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
||
11. Memahami Hukum Islam
tentang Waris
|
11.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
|
11.2
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum
Waris
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Tarikh dan Kebudayaan Islam
|
|||
12. Memahami perkembangan
Islam di dunia
|
12.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
dunia
|
|
12.2
|
Menampilkan contoh perkembangan
Islam di dunia
|
||
12.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di dunia
|
||
0 comments:
Post a Comment